Selasa, 22 November 2011

Bismillahirrahmanirrahim...

Apa itu Baby-Led Weaning (BLW)?
Itu lho bu/pak salah satu metode MPASI yang tujuannya untuk gradually weaning bayi dari full milk-diet to solid-diet. Bedanya, di BLW, bayinya in a way, milih sendiri untuk makan apa, berapa banyak, dll. Perbedaan paling besar antara tradisional MPASI dan BLW adalah: bayi tidak dikasih puree.
 -copas dari www.theurbanmama.com-


Saat pertama kali mengenal metode ini, saya mungkin memiliki pikiran yang sama dengan orang tua kebanyakan. Banyak sekali pertanyaan yang timbul di lubuk hati terdalam. Mulai dari ketercukupan gizi, kasus tersedak, pakaian yang kotor, dsb. BLW itu ribet dan ga efisien, cuma itu yang bisa saya simpulkan di hari pertama. 
Bagaimana tidak, anakku semata wayang (emang baru atu) sempat gagging (yang saya anggap tersedak/choking) ketika pertama kali dikasih kembang kol. Duu.....hhh...kasian deh liat si kecil kesusahan. Sempat terpikir untuk tidak melanjutkan proses BLW ini. Karena takut si kecil kenapa-kenapa, akhirnya tak cobain tuh dikasih makanan kek bubur (tepung gasol), tapi ya itu...si kecil malah GTM (gerakan tutup mulut). Pusyyyiiiiiiinggggg deh.....gimana ini..??? kok ga mau makan sih..?
Akhirnya dengan bujuk rayu istriku, si kecil kembali BLW, kali ini pake yang ringan-ringan aja kek mangga (sampai akhirnya saya tau kalo mangga belum boleh untuk anak 6 bulan ^___^). So far....si kecil mulai terbiasa, sampe sekarangpun si kecil tetap BLWan. 

Setelah satu minggu :
ada perkembangan yang pesat dari gerak motorik si kecil. Sekarang dia kalo minum maunya megang gelas sendiri trus kalo dikasih sendok kecil langsung diarahin ke mulut. hihi... lucu deh.








si kecil lagi makan mangga. ^___^


-Terima kasih istriku-



0 komentar :

Posting Komentar